23.030 Penerima Manfaat Terbantu Di 2020 Lazis Darul Hikam Usung Indonesiaku Tersenyum

21

Bandung.(BANDUNGOKE),– Sepanjang tahun 2020 LAZIS Darul Hikam telah menyalurkan bantuan kepada 23.030 penerima manfaat yang terbagi ke dalam 5 program utama yaitu berbagi untuk pendidikan, berbagi untuk umat, berbagi untuk kesehatan, berbagi untuk lingkungan dan berbagi program khusus ramadhan, qurban dan sinergi hadapi corona.

Selain itu untuk berbagi bahagia di bidang LAZIS Darul Hikam telah membantu 688 anak bangsa yang membutuhkan dukungan secara finansial ataupun alat penunjang belajar dengan penyebaran wilayah di daerah Jawa Barat dan daerah-daerah pelosok di Nusa Tenggara Timur dalam program The Next Leaders.

“Alhamdulillah sudah setahun Lazis DH memberikan manfaat kepada masyarakat semoga kebermanfaatannya bisa terus dirasakan oleh ummat dan semakin bertambah di tahun 2021 tetap semangat bahagiakan umat dalam program campaign kami Indonesiku Tersenyum,” ujar Hadi Gumilar, Direktur LAZIS Darul Hikam.

Sementara itu dituturkannya untuk menebarkan kebermanfaat bagi umat, lembaga telah menyalurkan bantuan kepada 7.090 penerima manfaat yang tersebar di Indonesia dan beberapa Negara konflik seperti Palestina, Rohingya dan Suriah. Bantuan tersebut dikemas dalam beberapa program seperti bantuan untuk tahfidz dan dhuafa Palestina, bantuan untuk para pengungsi Rohingya dan Bantuan 1000 selimut untuk Suriah.

Dalam program berbagi untuk kesehatan LAZIS Darul Hikam juga telah memberikan manfaat kepada 1.594 mustahik yang membutuhkan. Bantuan tersebut mulai dari penyaluran bantuan finansial untuk biaya pengobatan penerima manfaat hingga pelaksanaan aksi siaga covid-19 dengan membagikan masker kepada warga sekitar, penyemprotan disinfektan dan pemberian handsanitizer untuk masjid/musholah di wilayah Bandung Raya, bantuan hazmat suite untuk tenaga medis dan fasilitas kesehatan.

Kemudian dalam program berbagi untuk lingkungan kami turut ikut ambil bagian dalam beberapa kegiatan sosial kemanusiaan seperti aksi tanggap bencana, membersihkan masjid/musholah di Daerah Bandung Raya dalam program Gerakan Beberes Masjid, bantuan renovasi rumah layak huni untuk dhuafa, bantuan hewan kelaparan yang terkena dampak covid-19 serta aksi peduli kucing liar. Selama satu tahun ini sudah ada sekitar 1.821 penerima manfaat dalam core program berbagi untuk lingkungan.

Untuk pelaksanaan program khusus, LAZIS Darul Hikam telah memberikan bantuan kepada 11.837 penerima manfaat yang terbagi kedalam program 1000 bingkisan lebaran, tebar ifthor ramadhan, penyaluran daging qurban di wilayah Bandung Raya dan daerah pelosok (NTB, NTT, Maluku) serta pembagian paket sembako gratis untuk warga terdampak covid-19 sebagai upaya sinergi hadapi corona.

Melalui campaign berbagi bahagia di tahun 2020 LAZIS Darul Hikam mendapat kepercayaan dari 16.739 donatur aktif se-Indonesia untuk mengelola dana zakat, infak dan shadaqah (ZIS) serta dana kemanusiaan lainnya yang mencapai 3,8 miliar. Tahun ini LAZIS Darul Hikam memiliki target untuk menghimpun dana zakat, infak dan shadaqah sebesar Rp. 25 miliar. “Semakin banyak dana yang terhimpun, maka semakin banyak pula penerima manfaat yang bisa terbatu dari program-program LAZIS Darul Hikam, ” kata Hadi Gumilar.

Terus Berbagi dalam Campaign Indonesiaku Tersenyum 2021

Berdasarkan data dari berbagai instansi dan riset menunjukkan bahwa tren persebaran Covid-19 dibeberapa Negara mulai mengindikasi ke arah penurunan, sehingga hal ini menumbuhkan optimisme pemulihan ekonomi akan dimulai tahun 2021 meskipun berakhirnya pandemi ini sulit dipastikan.

Berdasarkan data tersebut, di tahun 2021 ini keadaan ekonomi Indonesia dipredikasi akan lebih baik dibandingkan tahun 2020 namun meskipun demikian dampak pandemic global covid-19 masih akan terus terasa dan efeknya berkepanjangan karena perlu pemulihan yang cukup serius untuk menstabilkan kondisi masyarakat Indonesia. Sehingga kami ingin terus hadir untuk membantu masyarakat Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan tersebut, dengan melaksanakan rangkaian program kebaikan melalui campaign Indonesiaku Tersenyum.

Indonesiaku Tersenyum adalah sebuah program kelanjutan dari program Berbagi Bahagia yang hadir di tahun 2021. Masih mengusung 5 program utama LAZIS Darul Hikam, untuk berbagi dan bersinergi menyebarkan kebaikan dan senyum kebahagiaan untuk umat dalam program charity dan program tematik berintegrasi untuk wujudkan Indonesiaku Tersenyum. Target tahun 2021 ini LAZIS Darul Hikam bisa membantu 1 juta penerima manfaat dengan berbagai rangkaian program diantaranya yaitu program Ramadhanku Tersenyum yang terdiri dari kegiatan berbagi kado lebaran yatim dhuafa, bingkisan jompo dan dhuafa, tebar mushaf Al Qur’an dan ifthar ramadhan.

Print Friendly, PDF & Email