Polisi Tangkap Pejambret yang Viral Gusur Korbannya di Kiaracondong Bandung » Madania.co.id

103
Tangkapan layar unggahan video.
Tangkapan layar unggahan video.

Madania.co.id, Bandung – Satreskrim Polrestabes Bandung menangkap seorang pria berinisial RDN (23) yang merupakan pelaku yang sebelumnya viral di medsos lantaran melakukan aksi penjambretan hingga korbannya berinisial BA (16) tergusur.

Adapun, kejadian tersebut terjadi di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (1/3/2021) lalu.

“Satreskrim Polrestabes Bandung beserta Polsek Kiaracondong berhasil mengungkap kasus pencurian,” kata Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang, Jumat (5/3/2021).

Terkait kronologis, Adanan menjelaskan, seperti yang terlihat di dalam video, korban sedang berjalan di sisi jalan sambil menelepon tiba-tiba dirampas ponselnya oleh pelaku.

Ketika itu, korban sempat berupaya menghentikan pelaku dengan memegangi bagian handel motor pelaku. Akan tetapi, korban justru terseret hingga nyaris 2 meter.

Akibat aksi pelaku, korban diketahui mengalami luka lecet pada bagian tangan dan kakinya. Sementara itu, pelaku sempat dikejar oleh warga sekitar tapi berhasil melarikan diri.

“Korban berupaya melawan dengan memegang behel motor kemudian korban terseret hampir 2 meter dari lokasi kejadian,” paparnya.

Paska kejadian, sambung Adanan, polisi melakukan rangkaian proses lidik dan mengamankan penadah hasil curian di wilayah Cibiru. Tak berselang lama, pelaku yakni RDN berhasil diamankan di Karawang.

“Kita dapatkan informasi tersangka sudah ada di luar wilayah Bandung maka kita susuri,” jelasnya.

Dalam penangkapan, RDN sempat berupaya melarikan diri, polisi melakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak pelaku di bagian kaki kirinya.

“Dia kita hadiahi timah panas. Pelaku mencoba melarikan diri. Pengakuannya baru satu kali. Bukan residivis,” papar Adanan.

Sementara itu, terkait helm ojeg online yang dikenakan oleh pelaku ketika beraksi, kata Adanan, didapatnya dari pasar. Helm itu digunakan oleh pelaku untuk menyamarkan identitas.

Diketahui, dari rekaman CCTV, memang terlihat pelaku mengenakan helm ojeg online.

“Modusnya mengaburkan identitas yang bersangkutan tapi berkat kejelian kita bisa ketahui identitas pelaku dan kendaraannya,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 365 KUHPidana tentang tindak pencurian dengan kekerasan dan diancam pidana kurungan di atas lima tahun. Sementara, penadah hasil curian dikenakan Pasal 480 KUHPidana.

Sebelumnya diberitakan, beredar sebuah video rekaman CCTV yang diunggah akun instagram @sekitarbandungcom memperlihatkan aksi penjambretan di Jalan Soma, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Senin (1/3) siang.

Dalam rekaman sekitar 25 detik tersebut, terlihat pelaku menggunakan sepeda motor. Dari arah belakang, seketika pelaku menggambil barang milik korban seorang perempuan berhijab yang tengah berjalan kaki.

Tak tinggal diam, korban terlihat melakukan upaya perlawanan dengan memegangi sepeda motor yang digunakan pelaku hingga korban terlihat terseret cukup jauh. (mrf)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe



Artikel ini, kerjasama bandungoke.com dan madania.co.id
Source: MADANIACOID