Berahlak Jadi Ciri Lulusan Perguruan Darul Hikam

148

Bandung,(BO), — Memasuki masa akhir tahun ajaran, secara bergelombang perguruan Darul Hikam (DH) melakukan pelepasan siswa atau wisuda untuk semua level mulai dari SMA, SMP, SD hingga TKK.

Terkait dengam hal itu, Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri B Ramadhanti mengatakan Diakhir tahun ajaran, kami melakukan pelapasan atau wisuda untuk semua level.

“Untuk hari ini kami mewisuda untuk level TK 1 dan TK 2, dimana 2 hari sebelumnya kami juga sudah melaksanakan wisuda untuk level SD, SMP dan SMA.” Ujar Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri B Ramadhanti di Kompleks Perguruan DH Jalan Dago Giri Bandung. Sabtu (12/6/2021)

Untuk hari ini, jelasnya, kami mewisuda 109 Siswa, sedang sebelumnya kami mewisuda sekitar 551 orang siswa. Dimana karena saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 maka wisuda dilakukan secara virtual.

“Hari ini juga kami melakukan wisuda tahfiz, yang pesertanya dari SD 1 dan SD 2” ujarnya.

Lebih jauh, Ruri menjelaskan, bukan tanpa alasan jika tahfiz ini dimasukan dalam struktur pembelajaran secara rutin karena ada keterkaitan dengan ahlak peserta didik. Untuk tahfiz ini, tentunya saja ada target hafalan surat contohnya kelas 4, sudah hafal 2 Juz, kelas 5 hafal 3 Juz dan seterusnya.

“Untuk mencapai target tersebut, siswa setiap hari setoran hafalan kepada wali kelasnya masing-masing” ujarnya.

Karena sudah terintegrasi dalam struktur pembelajaran, maka setiap hari ada jam tahfiz bagi siswa. Bahkan seusai jam belajar kami meluangkan waktu untuk setoran hafalan Al Quran.

“Tentu saja para wali kelas ini sudah kami tingkatkan kompetensinya sehingga sudah memiliki kemampuan tahfiz tentunya” Ujar Ruri.

Disinggung mengenai harapan kepada para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya, Ruri berpesan agar para siswa dimanapun nantinya untuk senantiasa menjaga ahlak dan menjadikannya sebagai pedoman dan pondasi.

Kami berharap semua wisudawan ini mampu mengembangkan potensi yang pondasinya sudah kami tanamkan.

“Kami titipka terutama tentang ahlak. Kami titip betul dimanapun nanti anak2 kami berkiprah, untuk terus menjaga ahlak yang sudah kami tanamkan sehingga nanti menjadi ciri khas lulusan dari Darul Hikam” pungkasnya. (Dens)