Jelang Idul Adha di Masa PPKM Darurat, Harga Pangan Stabil

28

BandungOke,– Dimasa penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3 – 20 Juli 2021 serta jelang perayaan Hari Raya Idul Adha, harga pangan terpantau stabil baik dari sisi ketersediaan pasokan hingga harga. Demikian pantauan yang dilakukan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI Kantor Wilayah (Kanwil) III Bandung untuk periode 1 – 16 Juli 2021.

KPPU Kanwil III yang wilayah kerjanya meliputi Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten melakukan pantauan untuk 9 (sembilan) bahan pangan. Diantaranya: Beras, Daging Ayam, Daging Sapi, Telur Ayam, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, Minyak Goreng, dan Gula Pasir.

“Alhamdulillah, puji syukur harga pangan dimasa PPKM darurat dan jelang perayaan Qurban terpantau stabil,” ujar Aru Armando, selaku Kepala Kanwil III KPPU dalam keterangan resminya. Senin (19/7/2021)

Meskipun ada komoditas yang naik, namun ada juga yang turun. Contohnya cabai rawit merah naik dari Rp61,000 ke Rp68,500 per/Kg. Sementara, beberapa komoditas terpantau turun, misalnya saja di Provinsi DKI Jakarta untuk harga daging ayam turun dari Rp34500 ke Rp32,900 per/Kg, telur ayam dari Rp24,150 ke Rp23,150. Sementara daging ayam di Provinsi Jawa Barat turun dari Rp32,700 ke Rp31,300

Sementara untuk komoditas yang lain seperti Beras, Bawang Merah, Bawang Putih, Minyak Goreng dan Gula Pasir di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten terpantau stabil. Kondisi ini menurut Aru patut disyukuri, karena disaat masyarakat dibayang-bayangi pandemi Covid 19, namun harga pangan masih terpantau stabil.

“Sebenarnya, sektor pangan ini yang awalnya membuat kami khawatir. Takut akan menambah beban masyarakat di masa sulit ini. Namun situasi dan kondisi saat ini, untuk sektor pangan patut untuk disyukuri,” pungkasnya.