Tebar Kebahagiaan pada Masyarakat, DH Berbagi Bingkisan Daging Kurban

36

BandungOke,– Di masa puncak pandemi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, justru jumlah pekurban dan hewan kurban yang disembelih oleh Yayasan Darul Hikam meningkat 20 persen dibandingkan tahun 2020.

Hal ini tak terlepas dari edukasi yang dilakukan oleh Yayasan Darul Hikam kepada orangtua siswa, jemaah Darul Hikam, dan masyarakat luas bahwa kurban adalah solusi untuk mengatasi pandemi.

Ketua Yayasan Darul Hikam Sodik Mudjahid menjelaskan, meskipun pandemi tengah melonjak, Yayasan Darul Hikam tetap mengajak keluarga besar Darul Hikam untuk semangat berkurban.

Alhasil, sebanyak 28 sapi dan 91 domba dipersembahkan keluarga besar Darul Hikam yang terdiri atas orangtua siswa, patungan siswa-siswi, guru, dan karyawan. Juga sumbangan hewan kurban dari mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi yang menyembelih sendiri seekor sapi limosin hampir 1 ton dan kurban dari masyarakat umum yang turut berpartisipasi.

“Yang mengejutkan pada puncak pandemi ini, jumlah kurban justru lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Diperkirakan peningkatan jumlah kurban ataupun bobot daging mencapai 20% dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan meningkatnya kesadaran berkurban dan ketakwaan kepada Allah SWT, sekaligus semangat untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak oleh pandemi,” ucap Sodik, Selasa (20/7/2021).

Menurut Sodik, setiap pengorbanan kurban menjadi saksi kepedulian kita kepada sesama dan memberi manfaat seluas-luasnya kepada yang lebih membutuhkan, terutama saat pandemi ini. Hewan kurban tersebut kemudian dipotong dan dibagikan kepada masyarakat di sekitar lingkungan Darul Hikam yang tersebar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

Ada pula pekurban yang mengamanahkan melalui Lazis Darul Hikam untuk disalurkan ke pelosok negeri yang setiap tahun memang langka merasakan daging kurban. Direktur Lazis Darul Hikam Hadi Gumilar menyebutkan, donasi kurban dari masyarakat melalui Lazis Darul Hikam sebanyak 48 kambing, 3 sapi, dan rendang kurban.

Kurban Bareng Sandiaga Uno dan Sodik Mudjahid

Meskipun Idul Adha tahun ini tak semeriah tahun-tahun sebelumnya, hari raya kurban ini terasa spesial karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno turut menyumbangkan dua sapi kurban di Yayasan Darul Hikam.

Seekor sapi kurban atas nama Sandiaga Uno dan keluarganya, serta seekor sapi lagi patungan Sandiaga Uno dan Sodik Mudjahid. Anggota DPR RI Komisi II itu sendiri juga berkurban dua sapi atas nama dirinya dan keluarga besar.

Prosesi penyerahan dan pemotongan dua sapi kurban dari Sandiaga Uno pun dilakukan secara simbolis. Sandiaga Uno mengundang Sodik Mudjahid dalam zoom meeting dan saling menyapa. Meskipun ramah tamah secara virtual, keakraban dua sahabat tersebut terasa dalam diskusi yang hangat.

Sodik menyatakan terima kasih sedalam-dalamnya atas kepercayaan Sandiaga Uno kepada Yayasan Darul Hikam sebagai salah satu penerima program tebar 1.000 sapi kurban. Anggota DPR RI Komisi II ini pun memastikan dua sapi kurban masing-masing berbobot lebih dari 400 kilogram itu disebar kepada masyarakat yang sangat membutuhkan di wilayah Bandung Raya.

Berkurban dengan Prokes Ketat

Acara penyembelihan dimulai serentak pada pukul 7.00 WIB di sembilan lokasi yang dilakukan hanya oleh panitia kurban Darul Hikam sesuai prosedur protokol kesehatan. Hanya panitia kurban yang berada di lokasi penguruan kurban dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Darul Hikam pun sangat memperhatikan higienitas dan keamanan dengan menggunakan plastik ramah lingkungan yang mudah terurai untuk mengemas setiap paket kurban.

Distribusi Instan

Dalam penyaluran bingkisan kurban pun, Darul Hikam bermitra strategis dengan aplikasi pengiriman instan Lalamove, layanan kurir digital yang aman dan terpercaya. Dengan kemitraan distribusi ini, Lalamove memastikan setiap bingkisan kurban sampai kepada pekurban dan penerima manfaat secara profesional dan terdokumentasikan dengan baik.

City Director Lalamove Indonesia, Andi M. Rizki, berharap kontribusi Lalamove terhadap Yayasan Darul Hikam mampu memberikan nilai tambah dari kurban yang disalurkan kepada pekurban dan masyarakat terdampak pandemi. Lalamove menilai Yayasan Darul Hikam memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan Bandung Raya, terutama bidang pendidikan dan dakwah Islam.

Dia memastikan kemitraan dengan Yayasan Darul Hikam akan terus berlanjut dalam program-program strategis lainnya. Lalamove siap menawarkan solusi pengiriman instan tanpa ribet berbasis aplikasi dengan beragam armada yang diperlukan Darul Hikam dan masyarakat Bandung Raya.

“Lalamove adalah one-stop solution untuk semua kebutuhan pengiriman barang, karena kami memiliki armada yang lengkap, mulai dari sepeda motor, mobil MPV, van, hingga pikap bak,” tandasnya.