Universitas Widyatama Wisuda 1.338, Ini Pesan Prof Obi Bagi Para Wisudawan

44
Universitas Widyatama (UTama) menggelar Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2020/2021 secara daring, bagi sekitar 1.338 wisudawan dari lima fakultas, yang sudah menempuh seluruh tahapan studi di UTama.
Universitas Widyatama (UTama) menggelar Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2020/2021 secara daring, bagi sekitar 1.338 wisudawan dari lima fakultas, yang sudah menempuh seluruh tahapan studi di UTama.

SPOL.Bandung,– Universitas Widyatama (UTama) menggelar Wisuda Gelombang II Tahun Akademik 2020/2021 secara daring, bagi sekitar 1.338 wisudawan dari lima fakultas, yang sudah menempuh seluruh tahapan studi di UTama.

Rektor UTama Prof. Obsatar Sinaga menyampaikan dalam sambutannya, para lulusan meraih gelar, Ahli Madya, Sarjana, Magister, dan Profesi, merupakan tanggung jawab baru untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan Bangsa.

“Para Wisudawan sudah resmi menyandang gelarnya. Gelar ini merupakan tanggung jawab untuk memberikan sumbangsihnya,” kata Prof Obi sapaan Rektor, melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut Prof Obi mengatakan, pada acara wisuda UTama Gelombang ll, 16 Oktober 2021, Universitas Widyatama terus menerus melakukan upaya-upaya perbaikan, baik dari sisi kualitas penjaminan mutu hingga peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

“Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, mendorong kita menjadi pelajar sepanjang hayat, meningkatkan keunggulan kompetensi di era Revolusi Industri 4.0. Melalui kuliah Dua hari dan mengganti Skripsi dengan Jurnal Internasional Q3, mengubah paradigma belajar di perguruan tinggi, bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bukan hanya sekedar kuliah untuk bekerja,” terang Prof Obi.

UTama merupakan salah satu Universitas terkemuka di Jawa Barat khususnya di Kota Bandung. Terbukti, di Tahun 2021 UTama versi Webometrics, berada di peringkat ke 42 Nasional yang sebelumnya menduduki peringkat ke 55 dari 4.682 perguruan tinggi di Indonesia, dan UTama berada pada peringkat ke 1 PTS terbaik se kota Bandung.

“Ada sejumlah pejabat yang kuliah dan menitipkan anaknya untuk kuliah di Universitas Widyatama. Ini bentuk kepercayaan publik atas prestasi UTama yang diraih,” kata Prof Obi.

“Widyatama telah menandatangani MoU dengan Industri terkemuka dalam logam dan mesin, termasuk satu dengan Departemen logam dan mesin Departemen Perindustrian. Serta kerjasama dengan 70 lebih industri lainnya yang mengacu kepada revolusi industri 4.0,” imbuhnya.

Berdasarkan hal tersebut, diyakini Rektor, yang kemudian peminat calon mahasiswa yang daftar ke Universitas Widyatama tidak terpengaruh dengan Pandemi COVID. Dimana, tahun ini Universitas Widyatama menerima 4.700 Mahasiswa Baru.

Prestasi lainnya, Universitas Widyatama per September 2021 telah menerbitkan 1.500 artikel, dengan jumlah dosen 272 orang dalam jurnal Scopus Indexed sejak Oktober 2018 sampai dengan hari ini.

Selain itu juga memperoleh Silver Award (Juara Dunia ke-2) dalam kegiatan International Conference and Exposition on Inventions by Institutions of Higher Learning yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia.

Universitas Widyatama ditunjuk menjadi percontohan Pusat Karir bagi Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Menyelenggarakan pelaksanaan program pengembangan layanan pusat karir dan pusat karir lanjutan (tracer study), pada Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti. Tujuannya, agar mahasiswa UTama, cepat terserap bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

Saat ini Universitas Widyatama memiliki lima Fakultas yaitu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa, Fakultas Desain Komunikasi Visual dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (fakultas baru).****