Akselerasi Kemajuan UKM, Kadin Bandung Gandeng Universitas Widyatama

91

Bandung.BandungOke, — Kepedulian Universitas Widyatama (UTama) akan kemajuan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) sudah tidak diragukan lagi. Hal tersebut terungkap saat penandatanganan kerjasama antara Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung dengan UTama di Ruang Seminar, Gedung B, Lantai VI, Kampus UTama, Jalan Cikutra No 204-A, Kota Bandung, Selasa (2/11/2021)

Menurut Iwa Gartiwa selaku Ketua KADIN Kota Bandung, UTama merupakan perguruan tinggi yang memiliki kepedulian yang tinggi tehadap kemajuan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Dia beralasan, beberapa tahun yang lalu, UTama telah membina sekitar 450 UKM. Oleh dosen dan mahasiswa UTama para pelaku UKM tersebut dibuatkan website.

“Kini kerjasamanya lebih ke arah penajaman. Pendampingan bagi para UKM bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi khususnya Universitas Widyatama. Diharapakan para UKM teredukasi. Terutama dalam hal produk, kualitas produk, manajemen dan lain sebagainya,” ujar Iwa dalam keterangan resminya. Rabu (03/11/2021)

Dirinya pun mengatakan, bahwa dilakukannya kerjasama itu menjadi momen yang tepat.

“Pandemi sudah berangsur membaik. Dan bergerak pada sektor riil yakni ekonomi yang terus dikembangkan. Karena sudah lama para UKM dan ekonomi terpuruk di saat pandemi. Mengajak Universitas Widyatama berkolaborasi bagaimana supaya UKM di Kota Bandung lebih menggeliat. Ini luar biasa dan bisa lebih dioptimalkan,” kata Iwa.

Pada kesempatan yang sama Magister Manajemen Universitas Padjadjaran (UNPAD) pun melakukan kerjasama dengan Magister Manajemen Universitas Widyatama (UTama).

Kerjasama MM UNPAD dengan MM UTama, upaya untuk terus berkolaborasi dengan berbagai universitas terutama berkaitan dengan program “Kampus Merdeka”.

“Salah satu kegiatannya yang berkaitan dengan dosen berkegiatan di luar, melakukan pertukaran dosen dan join converance,” Prof. Dr. Maman Setiawan, SE, MT. Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan dan Riset, FEB UNPAD.

Selain pertukaran dosen, kata Prof Maman juga bisa dikembangkan mahasiswa UTama mengambil beberapa mata kuliah di UNPAD.

“Secara jumlah nantinya mengikuti siapa yang akan berpartisipasi di setiap angkatan. Akan dibicarakan saat nanti pelaksanaannya,” kata Prof Maman.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dilakukannya kerjasama dengan UTama karena kedekatan. Di antaranya para dosen UTama banyak yang lulusan UNPAD.

“Sebelum MoU ini kita juga sudah bekerjasama dengan UTama banyak dosen UNPAD mengajar di Universitas Widyatama, ini untuk menformalkannya,” pungkas Prof. Maman.

Di tempat yang sama Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., Rektor UTama mengatakan dengan kerjasama dengan KADIN Kota Bandung diharapkan Universitas Widyatama, bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan kemajuan UKM di Kota Bandung.

Sedangkan kerjasama dengan UNPAD merupakan bentuk simbiosis mutualisme, sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air dalam program Kampus Merdeka. (***)