FFBN Ke-3, Tutup Rangkaian Dies Nataslis ISBI Bandung Ke-53

36

Bandung.BandungOke,– Rangkaian Dies Natalis ISBI Bandung ke 53 ditutup dengan kegiatan Festival Film Budaya Nusantara (FFBN) ke lll.

“FFBN ISBI merupakan ajang unggulan dan wadah penyaluran kreatif bagi pelajar, mahasiswa dan para sineas film muda. Kegiatan ini wujud aktifitas kemajuan kebudayaan melalui konservasi, revitalisasi, rekontruksi, inovasi dan promosi,” ujar
Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani saat menutup kegiatan Festival Film Budaya Nusantara (FFBN) ke lll, di Fakultas Budaya dan Media ISBI Bandung, Belum lama ini

Rektor Een menyampaikan, Selamat kepada para pemenang FFBN ke lll ISBI Bandung, yang telah menghasilkan karya terbaiknya. Karya tersebut dapat dijadikan referensi bahwa para sineas muda telah memberikan sumbangsihnya melalui karya film dokumenter dan fiksi.

“Promosi melalui festival sangat tepat, kita bisa menyebarluaskan kekayaan, dan keragaman budaya nusantara. Harapannya, FFBN ini semakin memasyarakatkan film berbasis budaya, menuju cinta budaya nusantara dan menguatkan jiwa nasionalisme,” tegasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, ketua panitia FFBN ke lll ISBI Bandung Dara mengungkapkan, terdapat 250 peserta, yang dikurasi menjadi 20 karya film dokumenter dan fiksi, dan disaring melalui penjurian sehingga menghasilkan 4 karya atau pemenang.

“Kriteria yang dinilai juri meliputi, originalitas, lokalitas, unsur budaya, sinematografi, miss ongsen dan story toling. Sedangkan durasi rata rata 30 menit yang dikirimkan peserta, karena kita minta film pendek yaitu dokumenter dan fiksi,” terang Dara, usai kegiatan penganugrahan.

Lanjut Dara, untuk juri kategori fiksi, yaitu, Yudi Datau, Andi Bahtiar Yusuf dan Adam Panji. Sedangkan untuk juri kategori dokumenter, yaitu, Apip, Wahyu Utami dan Arfan Sabran.

“Mereka rata rata nominator Festival Film Indonesia (FFI), kita ajak mereka menjadi juri, agar kualitas FFBN ISBI bisa diukur melalui penjuarian mereka,” imbuh Dara.

Selain itu, Dara mengatakan terdapat program fitching forum, yang dikhususkan mahasiswa ISBI Bandung. Program tersebut untuk mencari bibit unggul ISBI di bidang film.

“Program ini mendorong mereka untuk naik kelas ke ajang nasional. Kegiatan itu kita motivasi dan memberikan subsidi, dan ada 2 pemenang program fitching forum itu,” katanya.

Adapun pemenang FFBN ke lll 2021 ISBI Bandung, yaitu;

Kategori Fiksi Pelajar, dimenangkan oleh Rizki Fahrezi dari SMK Geo Informatika, dengan film berjudul “Merih”.

Kategori Fiksi Mahasiswa Umum, dimenangkan oleh Imam Syafe’i dari Institut Kesenian Jakarta, dengan film berjudul “Kemanten”.

Kategori Dokumenter Pelajar, dimenangkan oleh Dina Herdianti dari SMKN 1 Cimahi dengan film berjudul “Mutiara Lapangan Hijau”.

Kategori Dokumenter Mahasiswa / Umum, dimenangkan oleh Ricky Hidayat dari Kalimantan Timur, dengan film berjudul “Hudoq Telivaq”.(***)