Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) telah membuka Beasiswa Indonesia Maju. Beasiswa ditujukan bagi Siswa-siswi kelas XII jenjang SMA/SMK/MA  yang berprestasi dalam ajang lomba/kompetisi/festival bidang Sains, Riset, Teknologi dan Inovasi. Seleksi Beasiswa Indonesia Maju dari Kemendikbud Ristek ada dua tahap . Beasiswa ini untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di perguruan tinggi luar negeri terpilih dalam kerangka Manajemen Talenta Nasional.

Ada beberapa tahapan yang harus para siswa/siswi jalani. pertama adalah Tahap Pembinaan. pada tahap ini, penerima beasiswa akan mendapatkan pembinaan untuk membantu persiapan penerima beasiswa mendaftar ke Perguruan Tinggi terbaik dunia.

Tahap Pembinaan meliputi:

  1. College counselling dari konselor berpengalaman sesuai dengan minat negara tujuan Perguruan Tinggi.
  2. Pembinaan penguatan karakter kebangsaan.
  3. Kursus persiapan TOEFL İBT/IELTS dan sejenisnya.
  4. Sharing session dari alumni Perguruan Tinggi terbaik dunia. Pada akhir tahapan, penerima beasiswa akan mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi terbaik dunia.
  5. Pada akhir tahapan, penerima beasiswa akan mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi terbaik dunia.
  6.  Panitia tidak memperkenankan Penerima beasiswa yang lolos melakukan penundaan pendaftaran ke perguruan tinggi.  Kecuali pada alasan perkenankan oleh Panitia Penerimaan Beasiswa Maju Angkatan I.

Tahap kedua adalah tahap kuliah S1 di Luar Negeri. Setelah menyelesaikan Seleksi Beasiswa Indonesia Maju tahapan-tahapan pada tahap pembinaan dan berhasil lolos perguruan tinggi luar negeri berhak masuk ke Tahap Kuliah S1 Luar Negeri. Setelah penerima Beasiswa Indonesia Maju selesai menjalankan studi S1 di luar negeri. Penerima beasiswa bersedia untuk melakukan pengabdian atau bekerja untuk negara selama beberapa periode tertentu.(mrn)

LEAVE A REPLY