Bio Farma Teruskan Tradisi Raih Proper Kategori Emas

Bandung.BandungOke,–Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) menjadi ajang bergengsi di Indonesia.

Berbagai perusahaan pun berlomba untuk mendapat predikat terbaik dari ajang yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) ini.

Adalah Bio Farma, yang meneruskan tradisi setiap tahun mempertahankan raihan proper untuk kategori emas.

Terkait dengan hal itu, Senior Executive Vice President (SEVP) Human Capital and Compliance Bio Farma, Disril Revolin Putra mengatakan Bio Farma sendiri, memiliki hubungan yang baik dengan segenap pemangku kepentingan.

Hal ini salah satu faktor penentu kesuksesan operasional perusahaan. Dan masyarakat, merupakan pemangku kepentingan terdekat dengan perusahaan, yang bisa merasakan langsung dampak dari kegiatan operasional perusahaan.

“Bio Farma memiliki keahlian & pengetahuan dalam bidang Life Science yang kami terapkan melalui konsep Creating Share Value (CSV) sehingga mampu diadopsi & diimplementasikan oleh masyarakat.” Ujar Disril.

“Kemudian menciptakan empowerment dan capacity building sehingga tercipta kemandirian masyarakat yang berkelanjutan”, imbuhnya.

Disril menuturkan, program yang diusung oleh Bio Farma dalam penilaian Proper emas pada tahun 2021 ini adalah  berupa Program Re-Grass & Sustainability Village.

Hal ini bertujuan menciptakan kemandirian pakan ternak dengan penanaman rumput odot yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengelolaan dan Lingkungan Sosial (PLS). Herry mengatakan program pengembangan Community development ini, dilaksanakan di dua wilayah Kab Bandung Barat, yaitu Kecamatan Cikalong Wetan, dan Kecamatan Cisarua, Provinsi Jawa Barat.

Hasil yang sudah dirasakan oleh masyarakat diantaranya adalah perluasan lahan rumput odot untuk keperluan pakan ternak, dari semula 4 hektar  pada tahun 2019, menjadi 12 hektar, pada tahun 2021

Perluasan lahan yang mencapai 300% ini, menghasilkan inovasi diversifikasi produk pakan hijauan ternak, berupa silase dan complete feed yang melimpah dengan nilai gizi yang sangat baik bagi hewan ternak.

“Hasil inovasi tersebut, semakin mematangkan konsep kemandirian dan keberlanjutan, yang melahirkan dampak positif bagi masyarakat CIkalong Wetan” ujarnya.

Menurut Herry, dampak positif itu berupa substitusi waktu, yang bisa dimanfaatkan untuk  untuk mengembangkan potensi lokal dan kegiatan ekonomi lainnya.

“yang terpenting adalah bagaimana kelompok tani  yang telah berhasil mengaplikasikan program re-grass dan ecovillage, kemudian melakukan sharing knowledge kepada masyarakat yang lebih luas,  termasuk melibatkan generasi millenial dan gen-z”, pungkasnya.(****)