20 Startup Melakukan Presentasi Bisnis di Hadapan 28 Pemodal Dalam dan Luar Negeri

6
20 Startup Melakukan Presentasi Bisnis di Hadapan 28 Pemodal Dalam dan Luar Negeri
20 Startup Melakukan Presentasi Bisnis di Hadapan 28 Pemodal Dalam dan Luar Negeri

BandungOke.–

Enam entitas terkemuka dari stakeholder ekosistem startup di Bandung yaitu Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung juga didukung oleh Endeavor, Xendit berkolaborasi untuk menyelenggarakan “Bandung Startup Pitching Day 2022”, Kamis (16/6/2022).

Direktur The Greater Hub SBM ITB Dina Dellyana sebagai inisiator mengungkap bahwa latar belakang kegiatan tahunan ini dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup di Indonesia. Selain itu, bertambahnya jumlah startup di Indonesia dan sekitarnya memerlukan pendanaan, namun akses terbatas sehingga acara ini menjadi ajang memamerkan potensi startups.

Untuk mengembangkan fasilitasnya agar dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi antara stakeholder ekosistem startup di Indonesia, The Greater Hub SBM ITB menginisiasi kegiatan berformat “Business Pitching” dengan mempertemukan startup terbaik yang telah lolos seleksi dengan para investor sehingga diharapkan startup tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik kedepannya.

The Greater Hub SBM ITB berkolaborasi dengan LPIK ITB yang merupakan Lembaga yang didirikan untuk mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian di Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan komunitas Startup Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan anggota lebih dari 100 startup yang berdomisili di Bandung. Lalu dengan Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung yang berdiri sejak Juli 2013 dan Block71 Innovation Factory yang turut serta membangun ekosistem bisnis di Bandung.

Kegiatan yang memasuki tahun keempat ini sendiri bertujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat serta memfasilitasi startup yang berada di seluruh Indonesia yang membutuhkan support pendanaan untuk perkembangan bisnisnya.

Bukan hanya itu, kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, penggemar dunia startup dan wirausaha baru. Kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, venture capital, tamu undangan dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup.

Kegiatan yang dilakuan secara Hybrid (Daring dan Luring di Center for Research and Community Services (CRCS) ITB) akan dibuka oleh Dr. Dina Dellyana selaku Direktur The Greater Hub SBM ITB juga sambutan dari Dekan SBM-ITB dan Ketua LPIK ITB yang kemudian akan dilanjutkan dengan acara utama yaitu pitching session dari 20 startup yang telah lolos seleksi yang diberikan waktu lima menit untuk pitching dan dua menit untuk tanya jawab dengan Investor.

Dari 69 startup yang mendaftarkan diri, terpilih 20 startup terbaik yang memiliki bold idea dengan basis teknologi sebagai solusi bagi permasalahan di Indonesia. Diantaranya para startups ini beroprasi pada kategori FinTech, EdTech, HR-Tech, Internet of Things (IoT), Waste Management, Environment – Sustainable product, Life Science, dan Skincare & Beauty.

Adapun 20 startup itu adalah IJO, Huniflex, Tongbos, Cody Kit, JUBELO, Investly, Menno, Kulaku – Coconut Energy Indonesia, Cooklative, Reekan, Harmoniz, LesQ, iWindMSS (Smart Wind Turbine), Titiktemu.co.id, Karla Bionics, Konsela, Belajardeen, Finca, Alture Beauty and Wellness, Widya Skilloka.

Sementara Investor yang sudah konfirmasi akan hadir dalam acara ini adalah 28 invited Venture Capital (VC) dan angel investor dari dalam dan luar negeri, yaitu 1982 VC, Alpha JWC Ventures, Alpha Momentum Indonesia, Antler, Arise VC, Bayu Syerli, Dream Incubator, East Venture, Endeavor, Ficus VC, Finch Capital, Future Play, Go-Ventures, Ideosource Entertainment, Javas Venture, MDI Ventures, Meet Ventures, Moonshot Ventures, Northstar, Open Space Venture, Salim Group, STRIVE, Supernovae, Sweef Capital, Telkomsel Corporate Accelerator (Tinc), TMI, Venturra Discovery, Vertex Ventures.(***)