Subang.(BO),– Kominfo menyelenggarakan Literasi Digital dengan Keynote Speech Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc., M.M.

Webinar Makin Cakap Digital 2022 ini, menghadirkan narasumber diantaranya :

Komang Aryasa dengan tema Budaya Digital: Belajar Literasi Digital untuk Mengembangkan Hasil Tani

Dr. Cand Zulaikha, M.Si. dengan tema Teknopreneur

Kani Raras dengan tema Etika Digital: Meminimalisir Pelanggaran terhadap Hak Cipta di Media Sosial.

Dalam paparan ketiga pembicara, disampaikan jika di era digital, masyarakat bersama-sama berpartisipasi mengubah budaya lama menjadi budaya baru yang lebih efisien. Dalam dunia pertanian, misalnya, kehadiran teknologi digital dapat meningkatkan pengetahuan teknis petani, sehingga memungkinkan perhitungan penggunaan pupuk, bibit, atau input pertanian lain secara lebih efisien. Digitalisasi dapat membantu pengambilan keputusan petani melalui informasi mengenai cuaca, pengelolaan tanaman, kondisi pasar, ataupun data ternak.

Sementara dari sisi jual-beli, teknologi yang membantu apapun jenis usaha yang kita jalankan, bisa membuat kita meraup banyak keuntungan. Untuk itu, kita perlu memahami, dari mana saja produk atau brand kita bisa dikenal orang, serta kelebihan dan kekurangan beragam media sosial.

Di balik kemudahan dan manfaat teknologi digital, kita harus memegang teguh etika digital. Etika digital ditawarkan sebagai pedoman menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas, dan menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan dalam menghadirkan diri, kemudian berinteraksi, berpartisipasi, bertransaksi, dan berkolaborasi dengan menggunakan media digital.(***)

LEAVE A REPLY