Bandung.(BO),– PT Pindad Kembali menyelenggarakan ajang Military Vehicle Design Competition (MVDC) 2022 untuk 2 kategori yakni profesional serta Pelajar & Mahasiswa.

Lomba desain produk pertahanan dan kemananan nasional ini memasuki penyelenggaraan tahun kedua dan berhadiah total ratusan juta rupiah.

Pendaftaran peserta dibuka mulai 18 Juli hingga 29 Juli 2022 secara online melalui website www.mvdc.pindad.com.

Ajang ini menjadi wadah bagi para desainer untuk mengeksplorasi minat dan bakat dalam mengembangkan suatu produk kendaraan pertahanan & keamanan.

Tahun ini, MVDC 2022 mengangkat tema yang sedang hangat dan berkembang khususnya di Indonesia yakni Kendaraan Listrik Pendukung Hankam.

Tema tersebut diangkat karena Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk memasuki era kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara, ramah lingkungan dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Tidak hanya sebagai moda transportasi pada umumnya, Kendaraan listrik dengan berbagai aspek pendukungnya juga menjadi opsi untuk digunakan pada bidang pertahanan dan kemanan.

Tema tersebut menjadi sebuah tantangan bagi para desainer untuk memecahkan berbagai masalah pada isu-isu tersebut yang diimplementasikan dalam sebuah desain kendaraan listrik yang memiliki fungsi khusus.

Direktur Teknologi & Pengembangan, Sigit P. Santosa mengatakan MVDC 2022 ini menjadi ajang tingkat nasional untuk mendukung pengembangan kreativitas pada desainer di dalam negeri untuk menghasilkan suatu desain electric combat vehicle di masa depan yang dibekali teknologi tinggi dan memiliki fungsi khusus.

“Future Combat vehicle akan melibatkan operasi senyap dan berteknologi tinggi mulai dari electric combat vehicle, autonomous vehicle, cyber teknologi dan network yang semuanya terkoneksi,” ujar Sigit P. Santosa.

Sigit P. Santosa berharap antusiasme peserta yang cukup tinggi di tahun lalu meningkat diikuti dengan jumlah peserta di tahun ini sehingga perlombaan ini menghasilkan karya desain terbaik.

“Tahun lalu acara ini diikuti oleh 524 peserta, dengan antusiasme yang semakin meningkat semoga tahun ini bisa diikuti lebih banyak lagi sehingga kompetisi berjalan semakin menarik, kompetitif dan menghasilkan karya-karya desain terbaik dari anak negeri,” lanjut Sigit P. Santosa.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan penyaringan untuk menemukan desain terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Diawali dengan registrasi pada 18 Juli 2022, dilanjutkan dengan seleksi pendaftaran, konfirmasi peserta lomba, technical meeting, proses desain oleh peserta, pengumpulan hasil desain, masuk pada proses penyaringan 10 besar untuk masing-masing kategori, pengumuman finalis, penilaian juri, serta puncaknya pengumuman pemenang serta pembagian hadiah dan awarding pemenang pada 10 November 2022.

Adapun aspek yang diharapkan terkandung dalam konsep desain yaitu logika desain terhadap konsep yang diusulkan dan fungsi dengan konsep desain yang futuristik.

Dengan poin-poin yang menjadi aspek dalam melakukan desain produk tersebut, diharapkan peserta dapat mengimplementasikan kreatifitas peserta dalam suatu bentuk desain untuk mendukung pertahanan & keamanan, khususnya pada produk kendaraan listrik. (***)

LEAVE A REPLY