Agar Sehat Jasmani, Cadisdik Wilayah VII Launching Senam Sehat Pelajar Juara Secara Serentak

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII, Dinas Pandidikan Jawa Barat (Jabar) Firman Oktora, melaunching “Senam Sehat Pelajar Juara Lahir Batin” di SMA, SMK dan SLB se-Kota Bandung dan Kota Cimahi, usai kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2022/2023, Jum’at 22 Juli 2022.

Dibuka secara zoom, dipusatkan di SMAN 27 Kota Bandung dan diikuti oleh puluhan SMA SMK SLB se-Cadisdik wilayah VII.

Kata Firo, sapaan akrab Kepala Cadisdik Wilayah VII, senam itu nantinya akan dilaksanakan setiap Jum’at, di SMA, SMK dan SLB yang ada di Kota Bandung dan Kota Cimahi.

“Ini merupakan bagian dari gerakan sehat jasmani dan rohani yang terdapat dalam program Tujuh Harkat (hari berkarakter) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII yang nanti juga akan dilaunching,” kata Firo, secara daring, Jum’at (22/7/2022)

Tujuh Harkat sendiri kata Firo, merupakan pembiasaan setiap hari dengan tema yang berbeda dilakukan di sekolah dan oleh siswa.

Lanjutnya sebelum program Tujuh Harkat di Cadisdik VII dilaunching, maka ada launching senam Sehat Pelajar Juara Lahir Batin terlebih dahulu.

“Kita ingin mewujudkannya bukan hanya jadi wacana tapi betul-betul dilakukan,” kata Firo.

Sehubungan dengan kegiatan Senam Sehat Pelajar Juara Lahir Batin dan MPLS SMAN 27 Kota Bandung, bisa dikatakan sukses. Pasalnya, peserta yang terdiri dari siswa baru antusias mengikuti kegiatan hingga tuntas.

Kepala SMAN 27 Kota Bandung Ade Suryaman mengatakan, kegiatan MPLS di hari terakhir mengajak peserta melaksanakan senam Sehat Pelajar Juara, pada Jum’at (22/7/2022).

Senam sehat ini dikenal dengan tujuh harkat yang diadopsi melalui program Kantor Cadisdik Wilayah VII yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi.

“Jadi hari ke lima merupakan hari Jum’at Sehat, bagaimana menyehatkan siswa. Jika siswa sehat jasmani dan rohani insya Allah kegiatan belajar mengajar (KBM) bisa berjalan lancar,” ujar Ade, di ruang kerjanya.

Senam Sehat Pelajar Juara itu kata Ade, merupkan pertama kalinya dilakukan tahun ini. Namun, ia memaparkan, senam sehat tersebut bakal menjadi kegiatan rutin dilaksanakan setiap Jum’at.

Ade pun menjelaskan bahwa selama masa pandemi COVID, selama dua tahun terpuruk kesehatannya termasuk pola pikirnya.

“Dengan senam sehat ini mudah-mudahan anak meningkat kebugarannya, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan baik,” kata Ade.

“Ini akan kami lakukan secara terus menerus setiap Jum’at dengan melibatkan semua keluarga besar sekolah mulai pukul tujuh pagi selama 15 menit,” ungkapnya

Diketahui senam Sehat Pelajar Jabar Juara Lahir Batin gerakannya menggunakan Senam Jabar Juara, gerakannya diciptakan oleh Sumarmo, atau akrab disapa Marmo.

MPLS SMAN 27 Kota Bandung

Sementara itu, Ket ua Pelaksana MPLS SMAN 27 Kota Bandung Lia Maria Ulfah menambahkan, kegiatan MPLS dilaksanakan selama sepekan. Dimulai dengan pra MPLS pada Jum’at (16/7/2022) lalu, MPLS berlangsung Senin (18/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022) hari ini.

“Alhamdulillah MPLS ini bukan hanya kegiatan yang memberikan kesempatan siswa baru beradaptasi dangan lingkungannya, tapi juga memberikan kesempatan untuk menggali potensi berkreasi dalam kegiatan kepramukaan,” kata Lia.

Lia mengungkapkan, banyak potensi siswa baru dan menjanjikan di masa akan datang. Hal tersebut kata dia, diketahuinya berdasarkan hasil pengamatan kegiatan MPLS selama berlangsung sepekan.

“Hasil pengamatan selama satu pekan, Alhamdulillah ternyata potensi-potensi para siswa sangat bagus dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” akunya.

Lebih jauh wanita berkerudung ini menyebutkan, ada beberapa materi MPLS yang diberikan kepada siswa baru. Mulai dari materi tentang kebijakan satuan pendidikan dan materi tentang keluarga sadar hukum.

“Alhamdulillah SMAN 27 menjadi pelopor sekolah sadar hukum di Jabar,” ungkapnya.

Selain itu ada juga materi tentang sekolah ramah anak, materi bakti lalulintas, materi Jabar Masagi hingga profil Pelajar Pancasila.

“Materi profil Pelajar Pancasila ini berhuhungan dengan kurikulum Merdeka Belajar. Selain itu ada materi tentang pengenalan kurikulum SMAN 27,” tandasnya.