BandungOke.– Anggota DPR RI, Nurul Arifin menekankan pentingnya penerapan tata krama atau sopan santun dalam berinteraksi di dunia digital.

Menurutnya, Indonesia sudah masuk dalam kategori masyarakat digital. Sehingga perlu ada edukasi dan literasi digital pada masyarakat.

“Oleh karenanya, saat berselancar, membuat content, up load maupun memberi komen harus sesuai dengan budaya Indonesia, dengan ideologinya Pancasila dan pengamalan 4 Pilar Kebangsaan ” Ujar Nurul Arifin dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diikuti oleh kader DPD Partai Golkar Kota Cimahi. Ahad (4/9/2022)

Nurul menuturkan, bersopan santun dan etika serta berkomunikasi dalam menggunakan digital juga ada dalam Tap MPR Nomor VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.

Bangsa Indonesia, ujar Nurul memiliki budaya sopan santun, saling menghargai, toleransi, agamis, dan banyak lagi nilai luhur lainnya.

“Kita ini adalah bangsa yang terkenal dengan adab yang baik, Oleh karena itu, Saya berharap agar masyarakat bisa tetap menjaga nilai nilai itu. ujarnya.

literasi digital ini, imbuhnya, harus masif agar masyarakat memahami ruang digital  adalah ruang publik yang sangat terbuka untuk semua orang.

Harapannya, masyarakat bisa menjaga sikap dan tingkah laku saat berinteraksi secara digital.

“Kedepan masyarakat harus lebih cakap dalam menggunakan teknologi digital” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY