BandungOke,– Berdasarkan Keputusan Senat Akademik Nomor 1755/IT8.Senat/HK/2022 tentang Penetapan Hasil Perolehan Suara 3 (Tiga) Nama Calon Rektor.

Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum., terpilih menjadi Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) periode 2022-2026.

Rektor ISBI periode 2022-2026 itu memiliki sejumlah rencana kerja untuk kemajuan ISBI dalam empat tahun mendatang. Setidaknya ada tiga program besar dari Retno dalam 4 tahun mendatang untuk memajukan ISBI Bandung.

“Pertama, pengembangan tridarma perguruan tinggi, sumber daya manusia, penambahan prodi baru, perluasan lahan dan infrastruktur kebudayaan. ujar Retno di ISBI Bandung. Jumat (09/9/2022)

Selain itu, imbuh Retno, yang kedua adalah perubahan status menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dam ketiga Stategi kebudayaan dalam upaya pemajuan kebudayaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan ucapan selamat dari berbagai pihak” ujarnya.

Retno menambahkan dalam waktu dekat akan membuat pagelaran seni hasil penelitian di wilayah Garut. Menurutnya, konservasi alam menjadi hal mendesak untuk diperhatikan dan lakukan oleh berbagai pihak.

“Di tanggal 14 dan 15 sekarang Saya membuat karya berjudul Puseur Sancang Panurutan, itu adalah hasil penelitian di Garut Selatan” ujarnya.

“Saya berharap konservasi lingkungan itu harus betul-betul terjaga, Saya ke Garut melihat dua gunung hilang, banjir bandang dan saya membuat karya¬† itu. Jadi Edukasi tentang konservasi alam, itu menjadi keresahan banyak orang,” Pungkasnya.

Sementara itu, Rektor ISBI periode 2014-2022, Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., mengatakan, masih ada sejumlah hal yang masih perlu dibenahi selama dua periode dirinya memimpin ISBI.
“Saya berharap, Retno dapat menyelesaikan persoalan tersebut dan membuat ISBI lebih maju” Ujarnya.

“Cita-cita kita mendirikan kampus dua bisa terealisasi tahun ini, kemudian kita tahun depan mendaftar salah satu prodi untuk terakreditasi internasional,” Imbuhnya..

Menurut Prof. Een selain itu persoalan yang masih cukup besar untuk ISBI Bandung adalah persoalan managemen.

“Managemen masih menjadi permasalahan besar untuk ISBI Bandung, Saya berharap tempatkanlah SDM sesuai kompetensinya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam pemilihan rektor tersebut Dari total 28 suara, Retno terpilih dengan memeroleh 20 suara. Retno mengalahkan dua kandidat lain Dr. Sri Rustiyani, S. Sen., M.Sn., dengan 5 suara dan Dr. Lilis Sumiati, S. Sen., M. Sn., yang memeroleh 3 suara.

Retno dilantik langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, pada Rabu 8 September 2022. (***)

LEAVE A REPLY